• Senin, 8 Agustus 2022

'Saya tidak akan pergi': Vettel meminta F1 untuk membatalkan GP Rusia setelah invasi Ukraina

- Senin, 28 Februari 2022 | 22:45 WIB
Sebastian Vettel Mengatakan Dia Tidak Akan Balapan di Rusia( TheGuardian)
Sebastian Vettel Mengatakan Dia Tidak Akan Balapan di Rusia( TheGuardian)
Blitsnews.com - Juara dunia empat kali Sebastian Vettel telah mengeluarkan seruan keras agar Formula Satu membatalkan balapan yang dijadwalkan musim ini di Rusia setelah invasi ke Ukraina. Vettel bersikeras dia akan memboikot pertemuan yang ditetapkan untuk September jika diadakan sementara para pemimpin F1 bersiap untuk mengadakan pertemuan puncak yang diadakan pada Kamis malam untuk membahas apakah balapan harus dilanjutkan. Pembalap Jerman, direktur Asosiasi Pengemudi Grand Prix, telah lama berbicara blak-blakan tentang masalah sosial dan hak asasi manusia dan dengan tegas mengutuk invasi Rusia dan dalam keyakinannya bahwa dia tidak akan balapan di sana.
 
“Saya bangun lagi setelah berita pagi ini, kaget. Saya pikir itu mengerikan untuk melihat apa yang terjadi.” Prinsipal tim Red Bull, Christian Horner, juga menegaskan bahwa dia yakin F1 tidak bisa menggelar balapan di Rusia. “Saya tidak bisa melihat bagaimana kita bisa pergi ke Rusia dalam iklim saat ini,” katanya. "Ini adalah masalah bagi badan pengatur dan pemegang hak komersial yang bertanggung jawab, tetapi seberapa banyak hal dapat berubah antara sekarang dan September?"
 
Posisinya digaungkan oleh pembalapnya dan juara dunia saat ini, Max Verstappen. “Ketika sebuah negara sedang berperang, tidak tepat untuk berlomba di sana,” katanya. Lando Norris dari McLaren mengkonfirmasi bahwa GPDA akan membahas masalah ini pada pertemuan berikutnya GP Rusia di Sochi Autodrom tetap ada di kalender, namun, baik F1 maupun badan pengatur olahraga tersebut, FIA, tidak bertindak untuk membatalkan pertemuan yang didukung oleh pemerintah Rusia.
 
Sebuah pernyataan dari F1 pada Kamis pagi hanya mencatat bahwa olahraga itu memantau situasi. “Formula 1 mengamati dengan cermat perkembangan yang sangat cair seperti banyak lainnya dan saat ini tidak memiliki komentar lebih lanjut tentang balapan yang dijadwalkan September. Kami akan terus memantau situasinya dengan sangat cermat, ”tulisnya. FIA belum mengeluarkan komentar apa pun tentang balapan di Rusia tetapi, dengan pengujian di Barcelona berlangsung minggu ini, prinsipal tim, F1 dan FIA telah mengadakan pertemuan untuk membahas bagaimana olahraga harus bereaksi. ***

Editor: Carissa Alphriska

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X