• Senin, 8 Agustus 2022

Sirkuit Mandalika Dinilai Grade A oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM)

- Senin, 21 Maret 2022 | 09:19 WIB
Sirkuit Mandalika (Sumber Foto/Menit.co)
Sirkuit Mandalika (Sumber Foto/Menit.co)
blitsnews.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB telah lolos homologasi Grade A dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan dinyatakan layak untuk menggelar balapan MotoGP akhir pekan ini.
 
Baca Juga: Big Bang Mengumumkan Tanggal Rilis Comeback Resmi, Catat! Ini Tanggalnya

Mendapatkan grade tertinggi dari federasi balap motor dunia FIM, sirkuit sepanjang 4,3 km itu juga disebut lebih aman oleh para pembalap dibandingkan ketika mereka menjalani sesi tes pramusim pada Februari lalu.

Sebagai sirkuit baru, kondisi lintasan juga kurang bersahabat bagi pembalap karena masih sempitnya racing line saat itu karena belum banyak karet ban yang menempel di aspal sehingga para pembalap tak mampu mendorong motor mereka mencapai limitnya.
 
Baca Juga: Jimin BTS Cetak Rekor Baru, 'Filter' Menjadi Lagu Solo Ketiganya yang Penuhi Syarat Untuk RIAA di AS

Berkaca dari hasil tes pramusim, Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu, dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5% dari total lintasan.
 
Baca Juga: Lagu Indonesia Raya Buat Merinding MotoGP Mandalika

"Berdasarkan hasil track inspection oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A," jelas Abdulbar M Mansoer sebagai Direktur Utama ITDC .

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP," ia menambahkan.
 
Baca Juga: Jokowi Berikan Trofi Juara MotoGP Kepada Miguel Oliveira

Keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.***
 

Editor: Ari Arjuno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update COVID-19, Pasien Positif Tambah 1.933 Kasus

Minggu, 3 April 2022 | 19:32 WIB
X