• Kamis, 6 Oktober 2022

Jangan Galau! Ini Langkah yang Akan Menentukan Arah Masa Depan Setelah Lulus UN!

- Senin, 4 April 2022 | 11:24 WIB
Ilustrasi Masa Depan (Sumber Foto: Masadepanblog)
Ilustrasi Masa Depan (Sumber Foto: Masadepanblog)
blitsnews.com- Jika kalian bingung menentukan tujuan karir setelah tamat pendidikan SMA, tenang saja, itu adalah hal yang wajar sebenarnya.
 
Karena, di saat-saat seperti ini kita diharuskan untuk menentukan pilihan antara Kuliah/Bekerja.
 
 
Terkadang, situasi dan kondisi yang memaksa kita untuk memprioritaskan yang sebenarnya itu bukan pilihan kita, nah saat seperti inilah kita ditantang untuk bersikap dewasa.
 
Masa-masa seperti ini adalah saat-saat terakhir bagi semua siswa kelas XII mengenakan seragam SMA. Ujian Nasional bukanlah akhir perjuangan, tetapi awal untuk memulai hal baru.
 
Nantinya tentu akan muncul pertanyaan “ke mana setalah aku lulus SMA?” Kuliah, kerja atau nikah?
 
 
Pertanyaan itulah yang selalu muncul di benak kebanyakan para pelajar yang telah lulus dari bangku SMA. Banyak dari mereka yang bingung akan ke mana mereka setelah lulus SMA.
 
Apakah akan melanjutkan kuliah di universitas, atau mau mencari pekerjaan, atau mau walimahan alias menikah?
 
Hidup adalah pilihan, mungkin sebagian dari kita akan menyadari dan merasakan hal itu, karena memang kita harus mampu dan berani menentukan satu dari sekian banyak pilihan dalam kehidupan ini.
 
 
Mengapa? Karena akan menjadi satu kesulitan bagi kita jika harus menjalani berbagai macam hal dalam satu kesempatan, menentukan skala prioritas dalam pilihan hidup mungkin itu sebuah tindakan yang bijaksana.Kalian akan melihat hasil akhir dari sebuah perjuangan bagi rekan-rekan yang menempuh pendidikan menengah, yang pada akhirnya harus menentukan mesti kemana setelah lulus nanti.
 
Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan oleh mereka yang baru lulus SMA dan yang sederajat, pilihan itu antara lain adalah:
 
1. Kuliah
2. Kerja
3. Nikah
 
 
Ketiganya memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda dan tentunya harus diimbangi dengan sebuah pendewasaan berpikir dan kebijaksanaan bertindak dalam menentukan pilihan ini.  Karena, ketiganya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda pula.
 
Namun, jika bicara ideal setelah lulus SMA, sebenarnya hanya ada dua pilihan yaitu kuliah atau kerja. Namun tidak sedikit pula yang setelah lulus sekolah menengah atas yang memutuskan untuk menikah.
 
 
Apakah ini sebuah pilihan yang sulit? Tidak juga, jika kita sudah memiliki tujuan dan arah dari kehidupan kita, kalian pasti akan memiliki rencana-rencana matang dalam menjalani kehidupan ini.
 
Pikirlah matang-matang
Jadi, kita harus memilih di antara Kuliah atau Kerja. Hal ini akan tergantung dari banyak faktor tentunya, karenanya banyak indikator yang dipergunakan untuk menentukan mau kuliah atau kerja.
 
 
Jika ada pertanyaan: “apa kamu mau kuliah?” maka hampir 90% akan menjawab ingin kuliah. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin melanjutkan kuliah. Hal-hal tersebut antara lain:
 
 
Ukur Kemampuan
Jangan sampai kemampuan di bidang ilmu sosial malah mengambil jurusan di bidang ilmu alam. Ya jelas nantinya kita akan keteteran mengikuti perkulihan, alhasil waktu kuliah yang kita tempuh akan jadi lebih lama (tentunya biaya akan membengkak) selain itu hasilnya juga kurang maksimal.***

Editor: Ari Arjuno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Versi Niat Puasa Ramadhan, Mana Yang Sah?

Selasa, 29 Maret 2022 | 22:02 WIB

Pingin Sukses? Yuk Pelajari Kiat- Kiat nya, Simak!

Senin, 28 Maret 2022 | 22:11 WIB

Ayat Firman Dalam Agama Kristen Tentang Doa

Senin, 28 Maret 2022 | 16:00 WIB
X