• Kamis, 6 Oktober 2022

Menjelang Ramadhan, Simak Doa Saat Ziarah Kubur Yang Dibaca Rasulullah SAW

- Minggu, 20 Maret 2022 | 14:16 WIB
Doa Ziarah Kubur (sumber foto : https://pixabay.com/id/users/mohamed_hassan-5229782/)
Doa Ziarah Kubur (sumber foto : https://pixabay.com/id/users/mohamed_hassan-5229782/)

Blitsnews.com - Tradisi ziarah kubur menjelang bulan ramadhan memang sudah sangat sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Dipercaya, kegiatan ziarah kubur menjadi sarana bagi keluarga untuk mengirim doa dan menghormati sanak keluarga yang sudah berpulang lebih dulu.

Baca Juga: Jihan dan Soeun Weeekly Akan Rilis OST Ke-6 untuk 'Business Proposal'

Rasulullah SAW juga termasuk orang yang sering melakukan ziarah kubur. Beliau juga mengajarkan doa apa yang hendaknya dibaca saat sedang melakukan ziarah kubur.

Berikut Doa yang disarankan Rasulullah untuk dibaca saat melakukan ziarah kubur :


Dalam Shahih Muslim dipaparkan bahwa setiap kali keluar rumah pada akhir malam menuju Baqi’ (makam para sahabat di Madinah yang kini menjadi makam Rasulullah sendiri), Rasulullah menyapa penduduk makam dengan kalimat berikut:

Baca Juga: Fakta Terbaru Lee Seung Gi, Akui Banyak Tekanan dan Bisa Menangis 50 Menit Tanpa Henti, Ini Alasannya!

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya :
Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian).

Usai membaca salam ini, Rasulullah lalu menyambungnya dengan berdoa “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang disemayamkan di Baqi’.” Doa ini bisa kita ganti dengan memohonkan ampun kepada para ahli kubur tempat peziarah berkunjung

Baca Juga: Begini Komentar Stray Kids Saat Menonton MV MANIAC, Hyunjin : Aku Hampir Tidak Bisa Berjalan

Siti Aisyah, Istri Rasulullah SAW pernah bertanya tentang apa yang seharusnya dibaca kala dirinya pergi berziarah, dan Rasulullah menjawab :

السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ
Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr minal mu’minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta’khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Baca Juga: 30 Peringkat Anggota Girl Group Terpopuler Maret, Taeyeon SNSD, Bona WJSN, dan Member BLACKPINK 10 Teratas?
Artinya :
"Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan [yang telah mendahului dan akan menyusul] kami.  Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian,"

Dalam berziarah kubur, disarankan untuk tidak menangis di atas kuburan.

Imam Nawawi dalam AL-Adzkar juga mengatakan bahwa para peziarah disunnahkan memperbanyak membaca Al-Quran, dzikir, dan doa untuk penghuni kubur yang diziarahi serta seluruh umat islam yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Spoiler dan Sinopsis A Business Proposal Episode 7 : Kang Tae Mu Berhadapan Dengan Min Woo Sahabat Shin Ha Ri?

Tak hanya menjelang Ramadhan, ziarah juga dianjurkan sesering mungkin dan diutamakan ke kuburan orang-orang yang saleh.***

Editor: Ari Arjuno

Sumber: NUonline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Versi Niat Puasa Ramadhan, Mana Yang Sah?

Selasa, 29 Maret 2022 | 22:02 WIB

Pingin Sukses? Yuk Pelajari Kiat- Kiat nya, Simak!

Senin, 28 Maret 2022 | 22:11 WIB

Ayat Firman Dalam Agama Kristen Tentang Doa

Senin, 28 Maret 2022 | 16:00 WIB
X